WEB BROWSER DAN MACAM-MACAM WEB BROWSER

WEB BROWSER

            Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.

            Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah. Beberapa contoh web browser diantaranya Internet Explorer, Mozilla, Firefox, Safari, Opera, dll.

 MACAM-MACAM WEB BROWSER

 

  • 1.        Netscape Communications

 Gambar

 http://browser.netscape.com/

            Netscape Communications ( sebelumnya dikenal sebagai Netscape Communications Corporation dan umumnya dikenal sebagai Netscape) adalah sebuah perusahaan jasa komputer Amerika Serikat yang terbaik dikenal dengan web browser. Ketika perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Mountain View, California.

            Penjelajah web Netscape pernah mendominasi dari penjelajah web lain dalam hal penggunaan saham, namun tak lama sebagian sahamnya berpindah ke Internet Explorer selama perang penjelajah web. Pada akhir tahun 2006, pangsa penggunaan browser Netscape jatuh, dari lebih dari 90% pada pertengahan tahun 1990-an, menjadi kurang dari 1%. Netscape mengembangkan Secure Sockets Layer Protocol (SSL) untuk mengamankan komunikasi online, yang masih banyak digunakan, as well as JavaScript, bahasa yang paling banyak digunakan untuk memprogram sisi klien halaman web.

            Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. versi pertama dari netscape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center of Supercomputing Application di Urbana Champaign.

 2.     Safari

 Gambar

 /www.apple.com/safari/

            Safari adalah aplikasi browser dari Apple Inc. Awalnya aplikasi ini hanya dapat digunakan pada Mac OS X saja. Namun pada pertengahan tahun 2007 Apple meluncurkan aplikasi browser Safari untuk sistem operasi Windows. Aplikasi Safari berbeda dengan aplikasi browser lainnya, karena menitik beratkan pada kemudahan dan kenyamanan penggunanya. Pada safari kita akan temui tampilan yang jauh berbeda, dimana elemen desain yang sangat canggih sehingga membuat browsing kita lebih menyenangkan.

  • SnapBack. Fasilitas ini berfungsi untuk kembali ke titik awal aktivitas browsing setelah berkunjung ke banyak tempat (situs website).
  • Progress Bar. Dengan fasilitas ini kita bisa tahu seberapa cepat halaman website tampil di layar.
  • Untuk keamanan, fasilitasnya masih standar.
  • Untuk kecepatan akses, boleh dibilang Safari adalah jagoannya. Karena Safari memang dirancang sebagai browser yang ringan dan cepat.

 3. Google Chrome

 Gambar

 http://www.google.com/chrome

            Program browser ini adalah Software browser buatan google, meski baru dikeluarkan browser ini sudah mampu menarik penggunan untuk menggunakan browser google chrome ini.

            Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah.

            Desainnya sangat sederhana jadi kalau menggunakan aplikasi browser ini rasanya begitu lega/plong, karena aplikasi yang di sediakan Google Chrome hanya berupa ikon dan itupun tidak menggangu pemandangan di layar.

  • Address Bar-nya menarik, karena setiap kita mengetikkan teks di kotak alamat, maka Google Chrome akan memberikan saran pencarian.
  • Fasilitas Shortcut. Dengan fasilitas ini kita bisa melihat situs-situs web yang sebelumnya telah ksita kunjungi dalam bentuk thumbnail situs.
  • Soal keamanan, Google Chrome lebih jitu. Bahkan ketika kita akan berkunjung pada situs yang berlimpah virus, Google Chrome terlebih dulu memperingatkan bahwa di situs tersebut terdapat virus.
  • Kecepatan akses boleh dibilang sangat mumpuni, bisa langsung di sejajarkan dengan Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan Internet Explorer. Karena itu pula saya memberi tema pada artikel ini: “Pertempuran Seru 6 Aplikasi Browser”. Sekarang anda dapat menentukan pilihan yang mana kira-kira terbaik untuk anda miliki.

 4.     ShenzBrowser

 Gambar

http://www.shenz.com/browsershenz.html      

Browser shenz ini merupakan browser alternatif Internet Explorer dengan fungsionalitas yang hampir sama seperti Internet Explorer.

 5.     Slim Browser

 Gambar

 http://www.flashpeak.com/ 

SlimBrowser ini merupakan browser berukuran kecil terbaik dengan banyak fitur seperti pop up browser, integrasi dengan toolbar, keamanan dll.

6.     Wyzo

 Gambar

http://www.wyzo.com/

Wyzo ini merupakan browser yang memprioritaskan kemampuan browsernya pada pengguna yang banyak melakukan download media, seperti video, mp3, dll

7.     Arlington Kiosk Browser

 Gambar

http://www.arlington.com.au/akb/download.htm

Browser ini merupakan browser yang tepat jika anda menginginkan komputer anda terproteksi dengan keamanan dan pilihan filter pada browser ini yang cukup baik.

8. Camino

  • Gambar

 http://www.caminobrowser.org/

Fungsionalitas dan fitur-fitur pada browser yang baik ini sangat cocok dibandingkan dengan kapabilitas browser safari dan kompetitor lainnya untuk Mac OS.

 9.     Omniweb

 Gambar

http://www.omnigroup.com/applications/omniweb/

Omniweb ini merupakan browser pertama untuk Mac, tetapi tidak terlalu begitu populer sekarang.

 10.  Shiira

 Gambar

 http://shiira.ip/en.php

Dengan berkonsentrasi pada perlengkapan web untuk bahasa, Shiira menjadi Browser Mac dengan dukungan pada 12 bahasa.

 

Refrensi :

http://hanhankyung.blogspot.com/2011/02/macam-macam-browser.html

http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2200715-pengertian-web-browser/#ixzz27BzSeAIt

 http://pratamacomputer07.blogspot.com/2011/06/macam-macam-web-browser.html

http://lopeolip.blogspot.com/2012/09/pengertian-dan-macam-macam-web-browser.html

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar